Follower

Rabu, 18 Juli 2012

Always Matematich

from matematich:
to: Publik
Mamematich is not just about formulas, and complicated or something like that....
MAtematich is beatiful....
semua tergantung dari cara kita memandang bagaiman matematika itu sendiri....
Matematika adlah ilmu dasar dari segala ilmu pengetahuan... Mengapa demikian....????
KArena ilmu matematika bukan saja hanya ilmu hitung tetapi ada unsur keteraturan didalamnya....
baik itu kesabaran maupun kerja keras pantang menyerah and many anyhting like this...
matematika raja dari segala ilmu pengetahuan, itu benar.........!!!!!
Berfikirlah seperti cara berfikir albert.....
Membahas tentang Tokoh legendaris dibidang ilmu pengetahuan selalu menarik untuk dibicarakan apalagi kalo tokoh tersebut bernama Albert Einstein, Manusia bumi abad 20 lalu yang paling besar jasanya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemaslahan umat manusia mungkin adalah Albert Einstein. Dengan teori relativitasnya – baik teori relativitas umum maupun terori relativitas khusus, berikut rumus matematisnya yang dahsyat itu : E = mc², Einstein telah berhasil menjawab fenomena-fenomena alam yang belum mampu dijawab oleh teori fisika yang dihasilkan oleh pendahulunya, Isaac Newton dan kawan-kawan.
Albert Einstein di lahirkan di Ulm, Kerajaan WuettembergPrusia Raya (sekarang Jerman) tanggal 14 maret 1879. Beliau terlahir sebagai putra sulung dari pasangan Hermann Einstein dan Puuline Koch. Ayahnya berprofesi sebagai pedagang kasur bulu. Pada tahun 1890 bisnis ayahnya mengalami kegagalan. Keluarga Einstein pindah ke Munich. Di kota ini Hermann dan adiknya mendirikan perusahaan instalasi gas dan air.
Di waktu kecilnya Albert Einstein nampak terbelakang karena kemampuan bicaranya amat terlambat. Wataknya pendiam dan suka bermain seorang diri. Bulan Nopember 1891 lahir adik perempuannya yang diberi nama Maja. Sampai usia tujuh tahun Albert Einstein suka marah dan melempar barang, termasuk kepada Adiknya.
Minat dan kecintaannya pada bidang imu fisika muncul pada usia lima tahun. Ketika sedang berbaring lemah karena sakit, ayahnya menghadiahinya sebuahkompasAlbert kecil terpesona oleh keajaiban kompas tersebut, sehingga ia membulatkan tekadnya untuk membuka tabir misteri yang menyelimuti keagungan dan kebesaran alam.
Meskipun pendiam dan tidak suka bermain dengan teman-temannya, Albert Einstein tetap mampu berprestasi di sekolahnya. Raportnya bagus dan ia menjadi juara kelas. Selain bersekolah dan menggeluti sains, kegiatan Albert hanyalah bermain musik dan berduet dengan ibunya memainkan karya-karyaMozart dan Bethoveen.
Albert menghabiskan masa kuliahnya di ETH (Eidgenoessiche Technische Hochscule). Pada usia 21 tahun Albert dinyatakan lulus, setelah lulus, Albert berusaha melamar pekerjaan sebagai asisten dosen, tetapi ditolak. Akhirnya Albert Einstein mendapat pekerjaan sementara sebagai guru di SMA. Kemudian dia mendapat pekerjaan di kantor paten di kota Bern. Selama masa itu Albert tetap mengembangkan ilmu fisikanya.
Tahun 1905 adalah tahun penuh prestasi bagi Albert, karena pada tahun tersebut ia menghasilkan karya-karya yang cemerlang. Berikut ini adalah karya-karya tersebut :
Maret : paper tentang aplikasi ekipartisi pada peristiwa radiasi, tulisan ini merupakan pengantar hipotesa kuantum cahaya dengan berdasarkan padastatistik Boltzmann. Penjelasan efek fotolistrik pada paper inilah yang memberikan hadiah Nobel pada tahun 1922.
April : desertasi doktoralnya tentang penentuan baru ukuran-ukuran molekul. Einstein memperoleh gelar PhD-nya dari Universitas Zurich.
Mei : papernya tentang gerak Brown.
Juni : Papernya yang tersohor, yaitu tentang teori relativitas khusus, dimuatAnnalen der Physik dengan judul Zur Elektrodynamik bewegter Korper(Elektrodinamika benda bergerak).
September : kelanjutan papernya bualan Juni yang sampai pada kesimpulan rumus termashurnya : E =mc², yaitu bahwa massa sebuah benda (m) adalah ukuran kandungann Energinya (E). c adalah laju cahaya diruang hampa (c » 300 ribu kilometer per detik). Massa memiliki kesetaraan dengan energi, sebuah fakta yang membuka peluang berkembangnya proyek tenaga nuklir di kemudian hari. Satu gram massa dengan demikian setara dengan energi yang dapat memasok kebutuhan listrik 3000 rumah (berdaya 900 watt) selama setahun penuh, suatu jumlah energi yang luar biasa besarnya.
Tahun 1909, Albert Einstein diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Tahun 1915, ia menyelesaikan teori relativitasnya. Penghargaan tertinggi atas kerja kerasnya sejak kecil terbayar dengan diraihnya hadiah Nobel pada tahun 1921 dibidang ilmu fisika. Selain itu Albert Einstein juga mengembangkan teori kuantum dan teori medan menyatu.
Pada tahun 1939, Albert beserta keluarganya pindah ke Amerika Serikat karena khawatir kegiatan ilmiahnya – baik sebagai pengajar ataupun sebagai peneliti – terganggu. Tahun 1941, ia mengucapkan sumpah sebagai warga Amerika Serikat. Karena ketenaran dan ketulusannya dalam membantu orang lain yang kesulitan, Albert ditawari sebagai President Israel yang kedua. Namun jabatan ini ditolaknya karena ia merasa tidak memiliki kompetensi dibidang itu. Akhirnya pada tanggal 18 April 1955 di Princeton, New jersey, Amerika serikat, Albert Einstein meninggal dunia pada umur 76 tahun dengan meninggalkan karya besar yang telah mengubah sejarah dunia.
Meskipun demikian, Albert sempat menangis pilu dalam hati karena karya besarnya – teori relativitas umum dan khusus – digunakan sebagi inspirasi untuk membuat bom Atom. Dua bom Atom AS yang diberi nama The Little Boy dan The fat Man inilah, yang dijatuhkan di atas kota Hiroshima dan Nagasaki saat perang dunia II berlangsung, yang membuat siapa pun akan miris membayangkannya. Wajah murka Tekhnologi tampil beringas, Sorotnya bukan Cuma telah membumihanguskan kota logistik nan cantik Hiroshima, melainkan juga menebarkan paparan radiasi tinggi kepada penduduknya. Lalu ribuan orang mati terpanggang dan terkena efek somatik-genetik radiasi pengion.
Teori relativitas umum pada dasarnya berbicara tentang ruang alam semesta yang melengkung. Hal ini dibuktikan oleh dua orang ilmuwan yang penasaran melalui foto cahaya bintang yang menyimpang dari seharusnya, Teori relativitas khusus berbicara tentang hukum fisika berlaku sama untuk semua pengamat selama mereka bergerak dengan kecepatan konstan pada arah yang tetap. Hal ini dapat kita buktikan sendiri. Misalnya kita berdiri di peron dan melihat seseorang menggigit rotinya dua kali digerbong kereta, Bagi kita yang ada diperon, kita mengatakan bahwa dia menggigit rotinya di dua tempat yang berbeda. Namun bagi orang-orang yang ada di dalam gerbong kereta, mereka mengatakan bahwa orang tersebut menggigit rotinya ditempat yang sama alias tidak berpindah tempat. Nah, disinilah relativitas itu bekerja.
Mengenai hal ini Einstein pernah berkelakar. Jika kita duduk di atas panci panas selama satu menit saja, kita akan merasakan seperti satu jam. Namun jika kita duduk bersama dengan orang yang kita cintai selama satu jam, kita akan merasakannya seperti satu menit saja.
Pada tahun 1999, Einstein dinamakan “Tokoh Abad Ini” oleh majalah Time,Einstein meninggalkan sebuah wasiat bagi para generasi penuerus yang ingin mengikuti jejaknya. Pesannya : “Persyaratan paling penting bagi orang yang ingin menjadi seperti saya adalah mawas diri dalam hal APA yang dipikirkannya serta BAGAIMANA ia berpikir, bukan dalam hal apa yang dikerjakannya atau dialaminya”.Inilah pesan yang sangat berharga bagi kita semua. Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein. Akankah kedepannya akan terlahir Einstein-Einstein baru di bidang Tekhnologi dan informasi, mengapa tidak ? jika memang cara berpikir Anda seperti pesan dari Albert Einstein.
 
Lebih lanjut : http://id.wikipedia.org/wiki/Albert_Einstein




Tidak ada komentar:

Posting Komentar